Fungsi PR dan Pekerjaan Humas

Fungsi public relations (PR) / hubungan masyarakat (humas) di masyarakat awam terkadang sering rancu dengan tugas seorang marketing bahkan jurnalistik. Praktisi humas dalam pelaksanaan tugasnya akan menggunakan konsep-konsep manajemen untuk mempermudah pelaksanaan tugas-tugasnya.
Share it:



Fungsi public relations (PR) / hubungan masyarakat (humas) di masyarakat awam terkadang sering rancu dengan tugas seorang marketing bahkan jurnalistik. Praktisi humas dalam pelaksanaan tugasnya akan menggunakan konsep-konsep manajemen untuk mempermudah pelaksanaan tugas-tugasnya. Bahwa proses peranan humas (tahapan fact finding, planning, communicating, dan evaluation) sepenuhnya mengacu pada pendekatan manajerial. Nah kemudian manajemen humas dapat dirumuskan sebagai suatu proses dari kelompok orang-orang yang secara koordinatif, memimpin kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan-tujuan bersama.
Dengan melihat proses peranan manajemen dan humas dalam suatu organisasi yang sudah dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa manajemen itu adalah upaya menyusun sasaran dan kerja sama melalui orang lain. Di samping itu, untuk dapat mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
Apa yang dikerjakan humas?
Content creation, penciptaan konten yang efektif menjadi pekerjaan humas yang berhasil.
1.    Menampilkan Kesan (image)
Humas harus menampilkan kesan yang terbaik organisasinya. Kesan disini berarti “gambaran yang diperoleh seseorang tentang suatu fakta sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pengertian mereka (terhadap suatu produk, orang, atau situasi)”.
2.    Pengetahuan dan pengertian
Humas memiliki peran penting dalam membantu menginformasikan pada publik internal (dalam organisasi) dan publik eksternal (luar organisasi) dengan menyediakan informasi akurat dalam format yang mudah dimengerti sehingga ketidak-pedulian akan suatu organisasi, produk, atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan pengertian.
3.    Menciptakan ketertarikan
Humas juga harus dapat menciptakan ketertarikan publik dalam suatu situasi atau serial situasi, yang bisa jadi berpengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekelompok orang. Menggunakan strategi kehumasan dalam hal ini bisa menjadi sangat efektif.
4.    Penerimaan
Masyarakat mungkin bersikap melawan pada sebuah situasi karena mereka tidak mengerti apa yang sedang terjadi, atau mengapa hal tersebut terjadi. Profesi humas mempunyai peran kunci untuk menjelaskan sebuah situasi atau kejadian dengan sejelas-jelasnya sehingga ketidak-pedulian, dan bahkan sikap menentang, yang menjadi atmosfer disekelilingnya dapat diputar menjadi pengertian dan penerimaan.
5.    Simpati
Dengan mengemukakan informasi secara jelas dan tidak bias, tugas humas ini umumnya merupakan cara yang berhasil untuk meraih simpati.
Humas sebagai Unsur Pendukung Kegiatan Organisasi
Definisi humas “Statement Mexico, 1978” mempertegas kedudukan Humas dalam jajaran ilmu-ilmu sosial lainnya, terutama yang berkaitan dengan ilmu komunikasi.
Public relations is the art and social science of analyzing trends, predicting their consequences, counseling an organization's leadership and implementing planned programs of action which will serve both the organization's and the public's interest.
Humas adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial yang menganalisis berbagai kecendrungan, memperkirakan setiap kemungkinan konsekuensinya , memberi masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi, serta menerapkan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi dan kepentingan khalayaknya. The Mexican Statemen, 1978.
Definisi ini kembali menggarisbawahi tugas Humas harus dilandasi dengan riset, konsultasi dengan pimpinan organisasi, program terencana dan tanggung jawab sosialnya.
Peranan humas untuk menanamkan sense of belonging pada publiknya dalam upaya untuk memenangkan tujuan organisasi dan melakuakn kegiatan untuk meraih opini publik yang menguntungkan bagi organisasi yang tentunya berlandaskan keterampilan humas agar dapat menyentuh persepsi publik sasaran. Semua ini bertitik tolak pada posisi humas sebagai unsur pendukung kegiatan organisasi.
Share it:

Content Creation

Post A Comment: