Tips Menulis Ala J. Haryadi

Tips Menulis Ala J. Haryadi. Jika anda memang serius mau menjadi seorang penulis, maka anda harus banyak berlatih. Ada begitu banyak cara yang bisa anda terapkan dalam melatih kemampuan menulis.
Share it:



Jika anda memang serius mau menjadi seorang penulis, maka anda harus banyak berlatih. Ada begitu banyak cara yang bisa anda terapkan dalam melatih kemampuan menulis. Beberapa di antaranya adalah:

1. Memakai gambar/video

Coba anda ambil sebuah gambar, misalnya sebuah foto/video. Amati baik-baik foto/video tersebut. Lalu coba anda pikirkan tentang gambar yang anda lihat tersebut, kemudian tuangkan apa yang sedang anda pikirkan tersebut ke dalam bentuk tulisan. Batasi waktu menulis anda, misalnya 5 menit atau 10 menit. Usahakan konsisten ketika anda sedang menulis dan jangan melebihi waktu yang sudah anda tetapkan sendiri. Ketika waktu sudah habis, anda harus berhenti menulis, meskipun tulisan anda belum selesai.

Jika waktu menulis sudah selesai, coba baca ulang tulisan anda tersebut. Apabila terdapat kesalahan (ejaan atau ketikan), silakan diperbaiki dan kemudian dibaca lagi. Jika masih kurang enak kalimatnya, coba perbaiki lagi. Lakukan beberapa kali sampai tulisan anda dirasakan cukup baik.

2. Mendengarkan lagu


Coba anda putar sebuah musik, lalu dengarkan lagunya. Jika belum jelas, coba putar ulang lagu tersebut. Kemudian anda buat sebuah tulisan berdasarkan lirik lagu tersebut. Anda bisa membuatnya dalam bentuk artikel atau cerpen. Tentukan waktu menulis anda, misalnya 5 atau 10 menit.
Jika waktu menulis sudah selesai, coba baca ulang tulisan anda tersebut. Apabila terdapat kesalahan (ejaan atau ketikan), silahkan diperbaiki. Lalu baca lagi. Jika masih kurang enak kalimatnya, coba perbaiki lagi. Lakukan beberapa kali sampai tulisan anda dirasakan cukup baik.

3. Acak kata


Cara ini sebenarnya seperti sebuah permainan (games). Anda tentukan beberapa kata secara acak dan sporadis. Misalnya anda menentukan 5 buah kata sebagai berikut:
- Senang
- Pejabat
- Hotel
- Jakarta
- Rakyat

Coba buat sebuat tulisan sebanyak satu paragraf yang isi kalimatnya mengandung ke-5 kata- kata di atas. Tentukan waktu anda, misalnya 3-5 menit. Jika sudah mahir, jumlah kata-katanya bisa anda tambahkan sendiri dan waktunya bisa disesuaikan.

Jika waktu menulis sudah selesai, coba baca ulang tulisan anda tersebut. Apabila terdapat kesalahan (ejaan atau ketikan), silahkan diperbaiki, kemudian dibaca lagi. Jika masih kurang enak kalimatnya, coba perbaiki lagi. Lakukan beberapa kali sampai tulisan anda dirasakan cukup baik.

4. Menggunakan benda


Anda bisa berlatih menulis dengan memanfaatkan benda yang ada di sekitar anda. Misalnya anda ambil sebuah gelas. Coba buat sebuah tulisan yang menjelaskan tentang gelas, tetapi dalam tulisan tersebut tidak ada kata-kata "gelas". Pikiran anda akan dilatih untuk menyusun kata-kata yang maknanya "gelas". Semakin orang lain mudah menebak isi tulisan anda, maka itu artinya tulisan anda semakin baik. Artinya anda bisa menyampaikan sebuah pesan melalui tulisan.
Metoda ini juga ampuh untuk melatih kemampuan anda menulis. Caranya adalah dengan membaca sebuah tulisan pendek, lalu anda diminta untuk menuliskan kembali apa yang sudah dibaca tersebut sesuai dengan cara anda. Cara yang lain adalah dengan mendengar sebuah cerita/dongeng, lalu anda tulis ulang sesuai dengan gaya anda.

Semoga bermanfaat dan salam pena kreatif,

J. Haryadi
Penulis, trainer, dan motivator

Foto: Shutterstock
Share it:

Content Creation

Post A Comment: